Senin, 13 Februari 2012

Apakah itu Retensi?

Dalam dunia kontrak proyek konstruksi, istilah retensi digunakan dalam hal....

Retensi dalam dunia Konstruksi


Dalam dunia kontrak proyek konstruksi, istilah retensi digunakan sebagai pengganti jaminan/ garansi dari kontraktor kepada owner. Retensi biasanya bernilai 5% dari total kontrak. Oleh karena retensi adalah garansi, maka pembayaran tagihan dari kontraktor kepada owner setiap bulannya akan dipotong 5 %. Angka 5 % ini kemudian akan dibayarkan oleh owner kepada kontraktor biasanya (tergantung perjanjian) setelah 1 tahun ditanda tanganinya Berita Acara Serah Terima pertama. Selama retensi belum dibayarkan, kontraktor masih berkewajiban memelihara gedung/ bangunan yang dibangun dan memperbaiki jika terjadi defect atau cacat selama masa garansi tersebut.


Sumber: berbagai sumber
Redaksi: dmercy corporation

Silahkan memberikan komentar jika ada yang perlu dikoreksi atau ada yang perlu dilengkapi dalam artikel di atas. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi dmercy_community@yahoo.co.uk

Jika Anda merasa artikel di atas bermanfaat dan berguna untuk Anda, mohon meluangkan waktu untuk klik iklan di bawah ini atau klik iklan apa saja di dalam blog ini. Terima kasih.



Poskan Komentar

Daftar Isi